liu bei

liu bei ( Xuande - liu pei )


Tempat Lahir: Zhou County, Zhou kabupaten (Saat Zhuo Zhou, Dia Bei Provinsi)
Umur: AD 161-223 (62 tahun)
Judul: Kaisar Shu, Raja Han Zhong, Raja Zhao Di

Liu Bei adalah keturunan dari Pangeran Sheng dari Zhongshan, seorang yang hebat-cucu dari Kaisar Han Jing keempat. Liu Bei hidup dalam kemiskinan selama masa mudanya, ayahnya meninggal dunia ketika ia masih muda sehingga ia dan ibunya membuat hidup tenun dan menjual tikar rumput dan sandal jerami. Pada usia lima belas, Liu Bei menjadi murid dari para sarjana Han Lu Zhi, bersama dengan temannya Gongsun Zan.

Selama pemberontakan Sorban Kuning, ia diangkat ke posisi Yudisial Officer Anxi County. Dia tidak tinggal di sana untuk waktu yang lama, karena ia dipaksa untuk pensiun posisi setelah mengalahkan seorang pejabat korup dengan cabang pohon (1).

Liu Bei memulai karir militernya di bawah Bupati Marshall Dia Jin dan desau naungan Gongsun Zan. Beliau diangkat sebagai pembantu Komandan Korps dan Hakim dari Ping Yuan County.

Ketika Cao Cao menyerang Tao Qian Xu Zhou, Liu Bei pindah pasukannya untuk menyelamatkan Liu Biao. Pada tahun pertama Rebuilt Tranquility (AD 196), Liu Bei menerima rekomendasi untuk pangkat Jenderal Siapa Pengawal Timur dan diberi gelar Tuhan Yicheng Precinct.

Selanjutnya, Liu Xuande membantu Cao Cao dalam menangkap hidup Lu Bu dan dipromosikan menjadi Jenderal Kiri. Pada saat ini, Kaisar Xian resmi diakui hubungan Liu Bei ke Prince of Zhongshan dan gaya dia "Imperial Paman."

Antara tahun ketiga dan keempat dari Rebuilt Tranquility (AD 198-199), Liu Bei kehilangan dukungan dengan Cao Cao dengan berpartisipasi plot untuk membunuhnya. Dia pertama kali berlindung di Xia Pi, dan kemudian pada tahun kelima Rebuilt Tranquility (AD 200), Liu Bei berlindung Yuan Shao.

Liu Bei meninggalkan Yuan Shao dan setelah bergabung kembali dengan saudara-saudaranya Zhang Fei dan Guan Yu, dia pergi ke Jing Zhou, mencari suaka dengan Liu Biao. Cao Cao mengejar Liu Bei, dan dengan demikian Xuande meninggalkan posnya di Fan Cheng dan mundur ke Xia Kou. Kemudian Liu Bei bersekutu dengan Sun Quan dari southlands, menyiapkan perangkap bagi Cao Cao jatuh masuk Pada pertempuran menentukan Chi Bi, Liu Bei berhasil mundur ke selatan Jing saat angkatan laut Cao Cao dihancurkan oleh Zhou Yu.

Setelah kematian Liu Biao dan Liu Qi, Liu Bei menempati beberapa kabupaten di Jing Zhou. Dia kemudian menikahi adik Sun Quan dan resmi menjadi Pelindung Jing Zhou.

Pada tahun enam belas Rebuilt Tranquility (AD 211), Liu Bei pergi ke Yi Zhou dengan berpura-pura membantu Liu Zhang melawan Zhang Lu. Pada saat ini, Liu Bei menerima dua rekomendasi untuk posting Great Menteri Perang dan Panglima Distrik Ibukota. Pada tahun kesembilan belas Rebuilt Tranquility (AD 214), Liu Bei berbalik pada Liu Zhang dan Xuande diduduki Cheng Du dan Riverlands Barat (2). Dia dianggap perlindungan Yi Zhou dan pada tahun dua puluh empat Rebuilt Tranquility menyatakan dirinya Raja Hanzhong.

Setelah serangkaian perang dengan kedua Wu dan Wei, Liu Xuande, atas desakan Zhuge Liang, memproklamirkan diri Kaisar pada bulan April AD 221. perang terakhir adalah berperang melawan Kerajaan Wu, sebagai tindakan balas dendam setelah kampanye sukses melawan Wu Jing Zhou menyebabkan kematian Xuande kakak Guan Yu. Liu Bei dikalahkan oleh umum Sun Quan Lu Xun di Yi Ling, dan mundur ke Bai Di Cheng (3). Pada 24 April 223 Masehi, Liu Bei meninggal karena sakit dan dimakamkan di Hui Ling. Liu Xuande adalah gelar anumerta Raja Zhao Di.




Tidak ada komentar: